%0 Thesis %9 S1 %A Prabawati, Nuke Ajeng %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15344 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK %U http://eprints.uny.ac.id/15344/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen; 2) motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas kontrol; 3) motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan 4) prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan cara purposing sampling. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen yang menerapkan multimodal learning kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbasis web dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) tanpa web. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal post-test, dan angket motivasi belajar kimia. Hipotesi penelitian diuji dengan paired samples t-test, independent sample t-test, dan univariate analysis of variance. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen, tidak adanya perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas kontrol, terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: multimodal, STAD, web, motivasi, dan prestasi belajar.