@phdthesis{UNY15341, school = {PGSD}, year = {2015}, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD SEGUGUS 3 KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO}, author = {Arum Nurani}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15341/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan kendala dalam implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD se-Gugus 3 Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di lima SD pada bulan Maret-April 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis perencanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS cenderung tidak dibuat sendiri oleh guru dan unsur-unsurnya cenderung belum menunjukkan adanya Pembelajaran Berbasis Budaya. Dalam hal pelaksanaan pembelajaran, kegiatan yang dilakukan guru belum mengacu pada perencanaan pembelajaran yang ada. Guru belum memahami hakekat Pembelajaran Berbasis Budaya, tetapi sudah dapat menerapkannya. Seluruh guru cenderung menerapkan bentuk Belajar dengan Budaya dan Belajar melalui Budaya. Guru menanamkan nilai-nilai luhur budaya kepada siswa melalui kegiatan pembelajarannya. Dalam hal penilaian, guru cenderung menilai hasil belajar daripada proses belajar. Ada tiga guru yang menggunakan teknik dan alat ukur yang berbeda dalam menilai yaitu My, Nt, dan Sj. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan adalah guru cenderung belum memahami media dan sumber belajar dalam Pembelajaran Berbasis Budaya. Media dan sumber belajar juga melalui pemikiran dan perilaku budaya yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran berbasis budaya, ips, sd} }