TY  - THES
Y1  - 2015/04/06/
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang terjadi dalam pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Sukomangli 01 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Sukomangli 01 yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan. Variabel yang diselidiki adalah keaktifan siswa, keterampilan guru dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sukomangli 01 Kecamatan Reban Kabupaten Batang tahun pelajaran 2012/ 2013 dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Keaktifan siswa pada kondisi awal sebesar 39% telah meningkat menjadi 83% pada kondisi akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran koopertif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Sukomangli 01 Reban Batang.

Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran kooperatif, STAD.
A1  - Ayunani, Yustika
PB  - PGSD
TI  - PENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI SUKOMANGLI 01 KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
AV  - public
M1  - skripsi
ID  - UNY15336
UR  - http://eprints.uny.ac.id/15336/
ER  -