@phdthesis{UNY15328, author = {Dwi Wahyuni}, school = {PGSD}, year = {2015}, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN PAKEM 1 PAKEM SLEMAN}, month = {April}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15328/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika pada materi Sifat Bangun Ruang Sederhana dan Hubungan Antar Bangun Datar dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SDN Pakem 1 Pakem Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat yaitu dengan presentasi,belajar kelompok, permainan, turnamen, dan penghargaan pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa di kelas IV SDN Pakem 1 Pakem Sleman, khususnya pada materi Sifat Bangun Ruang Sederhana dan Hubungan Antar Bangun Datar. Prestasi belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II. Akhir siklus I sebanyak 20 siswa (76,92\%) sudah tuntas mencapai KKM, sedangkan hasil akhir siklus II semua siswa berjumlah 26 (100\%) tuntas. Ada kenaikan nilai prestasi belajar Matematika sebesar 23.08\%. Kata Kunci: prestasi belajar kognitif Matematika, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT),siswa kelas IV SDN Pakem 1 Pakem Sleman.} }