%0 Thesis %9 S1 %A Nugraheni, Tanjung Sri %B Pendidikan Kimia %D 2014 %F UNY:15311 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T IDENTIFIKASI MISKONSEPSI BUKU TEKS KIMIA SMA PADA KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA %U http://eprints.uny.ac.id/15311/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan miskonsepsi yang terjadi dalam buku teks kimia SMA pada konsep kesetimbangan kimia serta memberikan konsep yang benar sebagai penyelesaian apabila terjadi miskonsepsi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang berusaha mendapat gambaran pemahaman konsep kesetimbangan kimia dalam masing-masing sampel buku teks kimia SMA berdasarkan standar kebenaran konsep. Sampel buku teks yang diteliti adalah tiga buku kimia SMA kelas XI dari berbagai penerbit dengan penulis yang berbeda yang terbanyak digunakan sebagai acuan di SMA negeri dan swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan terdapat potensi miskonsepsi dan miskonsepsi pada jabaran konsep dan contoh soal kesetimbangan kimia dalam buku teks sampel. Beberapa miskonsepsi pada jabaran konsep tersebut, adalah: (1) tidak menjelaskan penurunan rumus hubungan antara Kc dan Kp; (2) penjelasan pengaruh tekanan terhadap kesetimbangan kimia; (3) pengertian kesetimbangan homogen dan heterogen; (4) satuan tetapan kesetimbangan; (5) pengaruh koefisien reaksi terhadap harga tetapan kesetimbangan; (6) penjelasan keterlibatan zat padat dan zat cair murni dalam persamaan tetapan kesetimbangan; (7) pengertian kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp); dan (8) tidak menjelaskan pengertian larutan jenuh, tak jenuh, dan lewat jenuh. Kata Kunci : Miskonsepsi, Buku Teks Kimia SMA, Kesetimbangan Kimia