TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/15262/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan hasil prestasi yang signifikan antara peserta didik yang diberikan soal dengan menggunakan metode multi representasi dengan peserta didik yang diberikan soal umum. Tujuan lainnya mengetahui adanya pengaruh pemberian soal dengan menggunakan metode multi representasi pada kelas eksperimen terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah multi representasi dengan soal bergambar, pembuatan soal bergambar divalidasi oleh guru SMA itu sendiri, dan validasi secara empiris dengan uji Rasch. Setelah itu produk diuji kepada peserta didik.Instrumen penilaian berupa soal yang terdiri 20 soal pilihan ganda dan angket penilaian soal bergambar. Penilaian dilakukan oleh 34 orang peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Soal dengan metode multi representasi ini memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil prestasi belajar peserta didik tersebut. Terlihat hasil prestasi belajar yang signifikan antara kelas yang diberi soal metode multi representasi dengan kelas yang tidak diberi soal dengan metode multi representasi. Kata Kunci: Ikatan kimia, multi representasi, motivasi belajar, prestasi belajar, Rasch. M1 - skripsi AV - public A1 - Lestari, Ika Nila TI - MULTI REPRESENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Y1 - 2014/// ID - UNY15262 ER -