%L UNY15230 %A Amalia Nur Latifah %X Oleh: 10403241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014; (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014; (3) Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 170 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 27 responden. Pengumpulan data Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi, Efikasi Diri, dan Lingkungan Sekolah diperoleh menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan Efikasi Diri terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai rx1y (0,682), r2x1y (0,464) dan thitung (12,071) > ttabel (1,654) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai rx2y (0,321), r2x2y (0,103) dan thitung (4,400) > ttabel (1,654) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Kecurangan Akademik pada Tes Tertulis Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK se-Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014 dengan nilai R(1,2) (0,687), R2(1,2) (0,472) dan Fhitung (74,596) > Ftabel (3,050). Kata Kunci: Efikasi Diri, Lingkungan Sekolah, Kecurangan Akademik %D 2014 %I Fakultas Ekonomi UNY %T PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PADA TES TERTULIS AKUNTANSI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK SE-KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014