%0 Thesis %9 S1 %A Setyawan M, Arie %A Adeng Pustikaningsih, M.Si., %B Pendidikan Akuntansi %D 2014 %F UNY:15220 %I Fakultas Ekonomi UNY %T PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN ASPIRASI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/15220/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara Lingkungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Akuntansi, pengaruh antara Aspirasi Siswa dengan Motivasi Belajar Akuntansi, dan pengaruh antara Lingkungan Teman Sebaya dan Aspirasi Siswa secara bersama-sama dengan Motivasi Belajar Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Lingkungan Teman Sebaya, Aspirasi Siswa, dan Motivasi Belajar Akuntansi yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian dengan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh Positif Signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi. Diketahui RHitung sebesar 0,517 lebih besar dari Rtabel yaitu N= 125 adalah 0,176 dengan signifikansi 5% dan hasil perhitungan diketahui nilai Thitung sebesar 6.698 dan lebih besar daripada Ttabel sebesar 1.657. (2) Terdapat Pengaruh Positif Signifikan Aspirasi Siswa terhadap Motivasi Belajar Akuntansi. Diketahui Rhitung sebesar 0,380 lebih besar dari Rtabel yaitu N=125 adalah 0,176 dengan signifikansi 5% dan nilai Thitung sebesar 4.558 dan lebih besar daripada Ttabel sebesar 1.657. (3) Terdapat Pengaruh Positif Signifikan Lingkungan Teman Sebaya dan Aspirasi Siswa Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi. Ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,562 lebih besar dari Ttabel 0,176 dan uji signifikansi diperoleh Fhitung sebesar 28.128, dibandingkan dengan Ftabel df 2:125 sebesar 3,07 pada taraf signifikansi 5% maka diperoleh Fhitung lebih besar daripada Ftabel 3,07. Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Aspirasi Siswa, Motivasi Belajar Akuntansi