@phdthesis{UNY15200, author = {Siti Sholihatush Shofariyah}, year = {2010}, title = {KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 2 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010}, school = {Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam}, url = {http://eprints.uny.ac.id/15200/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences, (2) perbedaan antara minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences, (3) perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Purwakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester 2 di SMA Negeri 2 Purwakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 189 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 61 orang yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dan satu kelas sebagai kelas yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan desain penelitian satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan analisis kovarian (anakova). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) ada peningkatan minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences (p = 0,000), (2) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences, (3) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,049) antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Purwakarta. Dengan demikian, pembelajaran berbasis multiple intelligences efektif untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia peserta didik dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 17,8 \%.} }