%0 Thesis %9 S1 %A Wathon, Muhammad Hizbul %B Pendidikan Kimia %D 2010 %F UNY:15187 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN PERMAINAN WHO WANTS TO BE A GREAT CHEMIST? SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK SISWA KELAS X %U http://eprints.uny.ac.id/15187/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan software permainan Who Wants To Be A Great Chemist? sebagai media pembelajaran kimia untuk siswa kelas X dan mengetahui kualitas software permainan Who Wants To Be A Great Chemist? setelah dilakukan penilaian oleh 5 guru kimia SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Memiliki empat tahapan dalam pengembangan yakni tahap penyusunan soal, pemvalidasian soal, pembuatan software permainan Who Wants To Be A Great Chemist? dengan program komputer Adobe Flash CS 3 dan penilaian terhadap produk. Produk awal software ditinjau dan diberi masukan oleh 3 peer reviewer, 3 ahli media dan materi. Kualitas software dinilai oleh 5 guru kimia SMA selaku reviewer dengan mengisi angket penilaian yang mencakup 4 aspek penilaian yaitu 1) aspek pembelajaran dengan 5 indikator; 2) aspek isi dengan 7 indikator; 3) aspek tampilan dengan 11 indikator; 4) aspek pemrograman dengan 3 indikator. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi kuantitatif dengan skala lima, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas software permainan Who Wants To Be A Great Chemist?. Produk penelitian ini berupa software permainan Who Wants To Be A Great Chemist?. Berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA, software permainan Who Wants To Be A Great Chemist? yang disusun memperoleh nilai rata-rata 108,60 dari nilai maksimal 130 sehingga memiliki kualitas baik (B) dan memiliki presentase keidealan 83,54%. Software permainan Who Wants To Be A Great Chemist? layak digunakan sebagai sumber belajar. Kata kunci: software, permainan Who Wants To Be A Great Chemist?, media pembelajaran, kelas X.