%T PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X %D 2010 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %L UNY15186 %A Eko Yuliyanto %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan majalah kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas X. Selain itu juga untuk mengetahui kualitas majalah kimia ditinjau dari aspek kelayakan materi, penyajian, bahasa, gambar, isi majalah, dan penampilan serta aspek-aspek inovasinya. Kualitas ditentukan dengan penilaian dan tinjauan oleh reviewer (guru kimia SMA/MA). Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedurnya dilakukan dengan beberapa tahapan, pertama menentukan tujuan, kedua mengumpulkan referensi, membuat instrumen penilaian, merancang majalah, dan membuat majalah, ketiga peninjauan oleh peer reviewer (teman sejawat), ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, serta penilaian dan peninjauan oleh reviewer dengan menggunakan instrumen penilaian berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian ini yaitu berupa prosedur pengembangan dan kualitas majalah kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia meliputi beberapa tahapan yaitu menentukan tujuan, mengumpulkan referensi, membuat instrumen penilaian, merancang majalah, membuat majalah, peninjauan oleh peer reviewer, ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, serta penilaian dan peninjauan oleh reviewer. Kualitas majalah Easy Chemistry (e_Chem) berdasarkan hasil penilaian oleh reviewer sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 161,8 dari skor maksimal 180, skor skala 5 sebesar 4,49 serta persentase keidealan sebesar 89,80%.