TY - THES AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK KIMIA BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X SEMESTER GANJIL DENGAN MATERI POKOK STRUKTUR ATOM M1 - skripsi ID - UNY15144 UR - http://eprints.uny.ac.id/15144/ Y1 - 2010/// N2 - Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran komik kimia berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik kelas X semester ganjil dengan materi pokok Struktur Atom dan menetukan kualitas media pembelajaran komik kimia berbahasa Inggris yang dikembangkan berdasarkan penilaian reviewer. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang meliputi 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Produk komik kimia berbahasa Inggris ditinjau oleh 2 dosen pembimbing, 1 ahli media, dan 5 teman sejawat (peer reviewer). Penilaian dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian berisi 8 kriteria dan 30 indikator. Hasil penilaian berupa data kuantitatif, selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran komik kimia berbahasa Inggris. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran komik kimia berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik kelas X semester ganjil dengan materi pokok Struktur Atom. Berdasarkan hasil penilaian, media pembelajaran komik kimia berbahasa Inggris memiliki persentase keidealan sebesar 79,33% dan kualitas baik (B) PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A1 - Riskiyani, - ER -