<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE DISCOVERY-INQUIRY DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER 1 DI\r\n SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi belajar kimia dan (2) perbedaan prestasi belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Sleman yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode discovery-inquiry dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik.\r\nPopulasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 1 SMA N 1 Sleman tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 152 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 76 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (A1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (anakova A), uji-t sama subjek dan uji-t antar subjek.\r\nBerdasarkan hasil analisis uji-t sama subjek pada kelas eksperimen diperoleh p = 0,007, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode discovery-inquiry. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh p = 0,002, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional. Hasil analisis uji-t antar subjek menghasilkan p = 0,045, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara motivasi belajar kimia siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis kovarian (ANAKOVA) diperoleh p = 0,002, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode discovery-inquiry dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode konvensional, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan metode discovery-inquiry lebih efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa di SMA Negeri 1 Sleman dibandingkan dengan metode konvensional."^^ . "2010" . . . "Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam"^^ . . . "Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam"^^ . . . . . . . . . "Nofi Linda"^^ . "Yudiartika"^^ . "Nofi Linda Yudiartika"^^ . . . . . . "PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE DISCOVERY-INQUIRY DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER 1 DI\r\n SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010 (Text)"^^ . . . "Abstrak.rtf"^^ . . "HTML Summary of #15117 \n\nPERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA METODE DISCOVERY-INQUIRY DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER 1 DI \n SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2009/2010\n\n" . "text/html" . . . "Kimia"@en . .