%T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2013/2014 %D 2014 %I Fakultas Ekonomi %L UNY15114 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014, (3) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan sejumlah 129. Sebanyak 32 siswa digunakan untuk pengujian validitas angket, sedangkan 97 responden sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014; (2) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014; (3) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: pengelolaan kelas, motivasi, prestasi %A Ika Safridayanti