%0 Thesis %9 S1 %A Agustyaningrum, Fajri %A Barkah Lestari, M.Pd, %B Pendidikan Ekonomi %D 2014 %F UNY:15111 %I Fakultas Ekonomi %T EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/15111/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik; (2) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik; (3) perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sedayu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent sampel T-Test dan Paired T-Test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran rotating trio exchange efektif untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik yaitu terjadi peningkatan sebanyak 10.69%; (2) strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu terjadi peningkatan sebanyak 71.45%; (3) percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (4) prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Sikap Percaya Diri, Prestasi Belajar