TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang isi dongeng dengan media gambar seri pada siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart berkolaborasi dengan guru kelas I. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman yang berjumlah 27 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus I terdiri dari dua pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan pemahaman isi dongeng pada siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman. Nilai rata-rata kelas pada awal siklus adalah 69,11. Hal ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar memahami isi dongeng pada siklus I sebesar 1,15 (kondisi awal 69,11 menjadi 70,26) dengan peningkatan persentase ketuntasan adalah 11% (dari kondisi awal 52% menjadi 63%) dan peningkatan pada siklus II sebesar 10.89 (siklus I 70,26 menjadi 81,15) dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 36% (siklus I 63% menjadi 89%). Kata kunci : pemahaman, isi dongeng, media gambar seri, SD Negeri Gentan UR - http://eprints.uny.ac.id/15042/ Y1 - 2015/04/01/ ID - UNY15042 A1 - Susanti, - PB - PGSD TI - UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DONGENG DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GENTAN NGAGLIK SLEMAN AV - public ER -