%X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan perubahan peningkatan dan tindakan dipantau dengan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar kognitif meningkat dari rata-rata 50 dengan ketuntasan 26,9% pada kondisi awal (pretest) menjadi rata-rata 73,3 dengan ketuntasan 61,5% pada siklus I dan rata-rata 77,3 dengan ketuntasan 88,5% pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw %D 2015 %A Fetty Krisniawati %I PGSD %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA %L UNY15024