TY - THES ID - UNY15019 N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang diajarkan dengan metode field trip di kelas IV SD Negeri Gegulu Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dua siklus dengan menerapkan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Subjek penelitian ini 25 siswa kelas IV SD Negeri Gegulu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, metode field trip dilaksanakan dengan mengunjungi mushola dan perpustakaan sekolah kemudian siswa menulis karangan deskripsi berdasarkan objek yang diamati. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata meningkat sebesar 5,6 pada Siklus I (kondisi awal 62,76 meningkat menjadi 68,36) dan sebesar 10,32 pada Siklus II (kondisi awal 62,76 meningkat menjadi 73,08). Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 16% pada Siklus I (kondisi awal 56% meningkat menjadi 72%) dan sebesar 28% pada Siklus II (kondisi awal 56% meningkat menjadi 84%). Kata kunci: karangan deskripsi, metode field trip, kelas IV SD A1 - Hartana, Sri PB - PGSD Y1 - 2015/04/01/ AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/15019/ M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP DI KELAS IV SD NEGERI GEGULU KULON PROGO ER -