%A Devita Cahyani Nugraheny %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio visual untuk pembelajaran pengolahan limbah industri di SMK kelompok teknologi dan rekayasa serta mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru di SMK kelompok teknologi dan rekayasa. Pembuatan media audio visual untuk pembelajaran pengolahan limbah industri ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian media audio visual ini berupa angket yang berisi aspek dan kriteria penilaian kualitas media audio visual. Penilaian media dilakukan oleh lima orang guru di SMK kelompok teknologi dan rekayasa. Instrumen penilain meliputi 5 aspek dengan 25 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kulitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria katagori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual. Hasil pengembangan ini berupa media audio visual untuk pembelajaran pengolahan limbah industri di SMK kelompok teknologi dan rekayasa yang disimpan dalam CD (Compact Disc). Komponen media audio visual ini terdiri dari pendahuluan (berisi standar kompetensi, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran), materi, galeri video, evaluasi (dua buah tes dengan 10 soal setiap tes), game, daftar pustaka dan profil. Berdasarkan penilaian guru di SMK kelompok teknologi dan rekayasa, media audio visual ini memperoleh skor rata-rata 97, skor ini lebih kecil dari skor ideal 100 sehingga media ini mempunyai kualitas baik (B). Oleh karena itu, media audio visual ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik di SMK kelompok teknologi dan rekayasa. %L UNY15018 %T PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI DI SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2011