%0 Thesis %9 S1 %A Lestari, Ria Fita %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:15016 %I PGSD %T PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD N KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/15016/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD N Kotagede 5 dan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Kotagede 5 Yoyakarta. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian onegroup pretest-posttest design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel bebasnya adalah media kartu bergambar. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Kotagede 5 yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dengan tes, angket dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal, angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa salah faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah penggunaan media kartu bergambar dalam pembelajaran IPS hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pre test dan post test siswa. Rata-rata skor pre test yaitu sebesar 15,7692 mengalami peningkatan pada skor post test menjadi 16,8462, dan berdasarkan hasil analisis rata-rata skor angket minat pra treatment dan pasca treatment juga mengalami peningkatan yaitu minat awal siswa sebesar 90,4321 meningkat menjadi 94,7308 pada pasca treatment . Kata kunci: media kartu bergambar, hasil belajar