@phdthesis{UNY14949,
          school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan},
            year = {2013},
           month = {March},
           title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENAM GULING
BELAKANG BERBASIS ANIMASI UNTUK
SMP KELAS VII SEMESTER 2},
          author = {Rinda Pratyas Rinda Pratyas},
        abstract = {Permasalahan dari penelitian ini adalah belum dikembangkannya bahan ajar
senam guling belakang untuk siswa SMP kelas VII semester 2. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar senam guling belakang
berbasis animasi untuk SMP kelas VII semester 2 yang dikemas dalam bentuk CD
(Compact Disc)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model diskriptif
prosedural yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk
menghasilkan produk. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan melalui tahapan:
Analisis pendahuluan, membuat desain produk, membuat storyboard dan
prototype, identifikasi dan pengumpulan materi, pengembangan produk, evaluasi
dan uji coba produk dan review. Subyek penelitian dan pengembangan ini adalah
ahli materi, ahli media pembelajaran, guru dan siswa-siswi kelas VII SMP N 1
Ngemplak. Data dikumpulkan melalui angket. Data berupa hasil penilaian
mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk serta data kualitatif
lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang
diperoleh digunakan untuk merevisi produk.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah Bahan Ajar Senam Guling
Belakang Berbasis Animasi untuk SMP Kelas VII Semester 2 yang di kemas
dalam CD dan berisi 4 menu pokok yaitu: (1) Menu Pendahuluan yang berisi
tentang petunjuk navigasi, SKKD dan Spesifikasi program, (2) Menu Materi yang
berisi tentang teori dan langkah-langkah dalam melakukan gerakan guling
belakang, dan yang paling terpenting yaitu terdapat animasi gerakan guling
belakang dengan karakter perempuan dan laki-laki. Animasi ini bisa di putar
berulang kali, dilakukan pause, dan bisa diperlambat gerakknya sehingga gerakan
guling belakang dari tiap tahap bisa dipelajari dengan jelas, (3) Menu Kuis yang
berisi 10 soal dengan tiap soal memiliki 4 pilihan jawaban (a,b,c dan d). Menu ini
bertujuan untuk menguji seberapa jauh penguasaan materi senam guling belakang
yang sudah di pelajari, (4) Menu Profil yang berisi tentang profil pengembang,
dosen pembimbing, ahli materi dan ahli media pembelajaran yang terlibat dalam
pengembangan produk.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/14949/}
}