TY - THES PB - Fakultas Ekonomi A1 - Fatma, Dwi Cahyani N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Pemanfaatan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2013/2014, yang berjumlah 87 siswa. Metode pengambilan data menggunakan dokumentasi dan kuisioner. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus korelasi Product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Pendapatan Orang Tua siswa rendah, kondisi Lingkungan Sekolah cukup baik, Gaya Belajar siswa yang dominan adalah gaya belajar visual, dan prestasi belajar siswa tidak tuntas. Pendapatan Orang Tua berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Lingkungan Sekolah berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Pemanfaatan Gaya Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, dan Pemanfaatan Gaya Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kata Kunci: Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Gaya Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi Y1 - 2015/04/01/ UR - http://eprints.uny.ac.id/14920/ AV - public TI - PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN PEMANFAATAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014 ID - UNY14920 M1 - skripsi ER -