%L UNY14896 %A Yusrona Yusrona Rizki Isnaini %X Penelitian ini dilakukan karena belum diketahuinya tingkat kognisi yang diperoleh para mahasiswa dalam menguasai model pembelajaran pendekatan taktik dan belum dilakukan penelitian dan analisis lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kognisi mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi angkatan 2010 terhadap model pembelajaran pendekatan taktik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2010 sebanyak enam kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 357. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yakni sebanyak tiga kelas atau 50% dari populasi yaitu sebanyak 158 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan tes kognisi tentang model pembelajaran pendekatan taktik yang di dalamnya terdapat enam faktor, yakni mengingat, komprehensif, aplikasi, analisis, evaluasi, serta kreasi dengan nilai reliabilitas 0,605. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat kognisi mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi terhadap Model Pembelajran Pendekatan Taktik menempati kategori baik. Secara rinci terdapat 12 mahasiswa (7,59%) menempati kategori kurang sekali, 34 mahasiswa (21,52%) menempati kategori kurang, 52 mahasiswa (32,91%) menempati kategori cukup, 57 mahasiswa (36,08 %) menempati kategori baik, dan 3 mahasiswa (1.90%) menempati kategori sangat baik %I Fakultas ilmu Keolahragaan %D 2013 %T TINGKAT KOGNISI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI ANGKATAN 2010 TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN TAKTIK