TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/14891/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui pembelajaran dengan pendekatan lingkungan alam sekitar pada siswa kelas IV SD Negeri Bandarsedayu Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV SD Negeri Bandarsedayu yaitu 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian adalah soal dan lembar observasi. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% siswa mencapai KKM sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SD N Bandarsedayu. Pada Siklus I diperoleh rata-rata kelas 64,69, siswa tuntas ada 5 siswa = 31,25% dan belum tuntas 11 = 68,75%. Sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,86, siswa yang tuntas 13 = 81,25% dan yang belum tuntas 3 = 18,75%. Kata Kunci :prestasi belajar IPS, Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar M1 - skripsi AV - public TI - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR PADASISWA KELAS IV SD N BANDARSEDAYU KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG PB - PGSD A1 - Dwiana Dyah, Kuntari Y1 - 2015/04/01/ ID - UNY14891 ER -