%0 Thesis %9 S1 %A Kartikarini, Mustikadewi %B Manajemen %D 2015 %F UNY:14887 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR KARYAWAN HOTEL BINTANG-2 DI YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/14887/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Servant Leadership terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta. (2) Pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta. (3) Pengaruh Servant Leadership dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survey. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Populasi penelitian ini adalah karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel hotel adalah dengan Multistage Sampling. Sampel karyawan yang diambil dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel Matahari, Jentra Dagen Hotel, dan Hotel Airlangga sebanyak 173 sampel. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Analisis regresi berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Servant Leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta sebesar (β) 0,408 (**p<0.01; p=0,000), dengan Δ Servant Leadership terhadap OCB sebesar 0,103**. (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB Karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta sebesar (β) 0,632 (**p<0.01; p=0,000), dengan Δ kepuasan kerja terhadap OCB sebesar 0,264**. (3) Servant Leadership (β) 0,068 (**p<0.01; p=0,005) dan kepuasan kerja (β) 0,595 (**p<0.01; p=0,000) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta dengan Δ Servant Leadership dan kepuasan kerja terhadap OCB karyawan Hotel Bintang-2 di Yogyakarta adalah sebesar 0,266**.