eprintid: 14873 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1226 dir: disk0/00/01/48/73 datestamp: 2015-04-07 03:18:10 lastmod: 2019-01-29 19:58:55 status_changed: 2015-03-31 08:51:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad, Rondi corp_creators: Mustofa, M.Sc title: PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN TEMPEL SLEMAN ispublished: pub subjects: A1 subjects: D0 subjects: eko_ekonomi divisions: fe_pend_ekonomi full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel pada penelitian ini adalah siswa MAN Tempel Sleman tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 163 siswa. Metode pengambilan sampelnya adalah stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan program AMOS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung secara positif antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dengan nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,248; (2) terdapat pengaruh langsung secara positif kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dengan nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,268; (3) terdapat pengaruh langsung secara positif fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,327; (4) terdapat pengaruh tidak langsung secara positif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,001<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,228; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung secara positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,284. Kata kunci: Kompetensi Guru, Fasilitas, Motivasi, Prestasi Belajar date: 2015-03-31 date_type: published institution: Fakutas Ekonomi department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: skripsi citation: Ahmad, Rondi (2015) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Fakutas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/14873/1/SKRIPSI%20AHMAD%20RONDI.pdf