%L UNY14737 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2011 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual dengan materi pokok elektrokimia di SMK kelompok teknologi dan rekayasa dan mengetahui kualitas audio visual tersebut berdasarkan penilaian 5 reviewer. Media audio visual disusun berdasarkan prosedur pengembangan yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian produk. Media ini juga dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan ahli materi. Kualitas audio visual ditentukan berdasarkan pada penilaian oleh 5 orang guru berlatar belakang pendidikan kimia. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian yang terdiri dari 5 aspek penilaian dan 23 kriteria. Hasil penilaian yang berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual. Hasil penelitian berupa produk media audio visual dengan materi pokok elektrokimia dan kualitas media audio visual. Skor rata – rata kualitas audio visual materi pokok elektrokimia adalah 93,8, skor ini lebih kecil dari skor ideal 96,594. Berdasarkan kriteria kategori penilaian ideal, media audio visual yang dikembangkan mempunyai kualitas baik (B) sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. %T PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN ELEKTROKIMIA DI SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA %A Fepty Anjar Ningrum