%0 Thesis %9 S1 %A Siti Nur Aida, Siti %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2014 %F UNY:14730 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A MTs N SLEMAN KOTA %U http://eprints.uny.ac.id/14730/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas VIII A MTs N Sleman kota melalui self-regulated learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs N Sleman kota yang berjumlah 33 siswa diambil dengan menggunakan teknik purposive sample. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri dari 2 tindakan, dan pada siklus kedua juga dilakukan dalam 2 tindakan. Tindakan yang diberikan berupa evaluasi diri dan monitoring, pengaturan tujuan dan perencanaan, memonitor pelaksanaan strategi dan memonitor hasil strategi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik, didukung dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Reliabilitas skala prokratinasi akademik sebesar 0,828 yang artinya memiliki reliabilitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning dapat menurunkan tingkat prokratinasi akademik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pra siklus dengan hasil pasca siklus I dan pasca siklus II yang mengalami penurunan skor dari 98,4% menjadi 76,33% dilanjutkan dengan siklus II sehingga menurun menjadi 65,73 %. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan penurunan dari siklus I dengan siklus II, perubahan tersebut berupa perilaku serta pemahaman siswa mengenai self-regulated learning dan prokrastinasi akademik saat siklus I dan siklus II. Keyword: prokrastinasi akademik, self-regulated learning