TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan interaksi sosial antara siswa akselerasi dan non akselerasi di SMA Negeri 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII kelas akselerasi dan non akselerasi. Dari total 246 siswa kelas XII di pilih 31 siswa kelas IPA atau kelas non akselerasi dan 20 siswa kelas akselerasi untuk diambil dalam penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t, tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan yakni: terdapat perbedaan interaksi sosial antara siswa akselerasi dan non akselerasi (Reguler) di sekolah SMA N 1 Sragen. Hal ini dibuktikan dari nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,607>2,021) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,003<0,05). Selain itu, siswa kelas non akselerasi memiliki interaksi sosial lebih tinggi dibandingkan siswa akselerasi di SMA N 1 Sragen. Hal ini dibuktikan dari nilai mean interaksi sosial pada kelas akselerasi sebesar 142,95, sedangkan nilai mean pada kelas non akselerasi sebesar 152,09. Kata kunci : Interaksi sosial, akselerasi, non akselerasi Y1 - 2014/05// PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Ramadona Prihatama, Ramadona TI - PERBEDAAN INTERAKSI SOSIAL ANTARA SISWA AKSELERASI DAN NON AKSELERASI (REGULER) DI SMA NEGERI 1 SRAGEN AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY14716 UR - http://eprints.uny.ac.id/14716/ ER -