@phdthesis{UNY14668, year = {2015}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Fatkhurrohman Fatkhurrohman}, title = {PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR RENANG DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BOJONG I KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG}, month = {May}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14668/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum dilaksanakannya pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan bermain, bagi siswa kelas IV SD Negeri Bojong I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran gerak dasar renang melalui pendekatan bermain, yang meliputi : proses pembelajaran guru dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus dengan satu kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu 3 X 35 menit (105 menit). Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar renang dan subjek dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa (12 siswa putra dan 10 siswa putri). Metode yang akan diberikan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar renang bagi siswa kelas IV SD Negeri Bojong I, yaitu: dengan permainan sederhana dengan model bermain yang mengarah ke gerakan untuk melakukan teknik-teknik dasar dalam berenang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan naratif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti bersama kolaborator merefleksi hasil observasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran dari hasil pengamatan kolaborator, mulai dari membuka sampai menutup pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan bermain. Terbukti dengan peningkatan proses pembelajaran guru yang signifikan selama adanya perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran dalam dua siklus. Terlihat guru mampu memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran gerak dasar renang. Guru mampu mengelola kelas dengan baik, sehingga kegiatan pembelajaran dapat terkontrol dan guru mampu menciptakan suasana kegiatan pembelajaran bagi siswa yang menyenangkan, sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran gerak dasar renang. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa di kegiatan pembelajaran gerak dasar renang dengan pendekatan bermain dalam dua siklus, dari hasil pengamatan oleh kolaborator. Terbukti dengan siswa sudah baik dalam berpartisipasi secara aktif. Kata Kunci : Pembelajaran, Gerak Dasar Renang, Pendekatan Bermain} }