TY - THES PB - PGSD TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI PANAMBANGAN KECAMATAN CILONGOK A1 - Dian Ikawati, Rahayuningtyas AV - public ID - UNY14667 Y1 - 2013/07// UR - http://eprints.uny.ac.id/14667/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan metode sosiodrama melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas VB SD Negeri Panambangan Kecamatan Cilongok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Panambangan berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) angket, 2) observasi, dan 3) wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VB SD Negeri Panambangan Kecamatan Cilongok. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus I sebesar 5%, kondisi awal 55% meningkat menjadi 60%. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus II sebesar 17%, kondisi awal 55% meningkat menjadi 72% dan pada siklus III meningkat 28%, kondisi awal 55% meningkat menjadi 83%. Kata kunci : keterampilan sosial, metode sosiodrama, IPS M1 - skripsi ER -