TY - THES M1 - skripsi ID - UNY14442 TI - TANGGAPAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KOKOSAN AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/14442/ Y1 - 2013/09// N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran senam yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Kokosan belum berjalan secara maksimal dikarenakan materi yang ada dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar pada mata pelajaran senam belum semuanya dapat tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dari siswa kelas atas terhadap proses pembelajaran senam di SD N 1 Kokosan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas di Sekolah Dasar Negeri 1 Kokosan yang berjumlah 39 responden. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil semua bulir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,964 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut adalah reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tanggapan siswa kelas atas terhadap proses pembelajaran senam di SD N 1 Kokosan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa kelas atas terhadap proses pembelajaran senam di SD N 1 Kokosan secara keseluruhan adalah 3 siswa (7,69%) dalam kategori sangat baik, 12 siswa (30,77%) dalam kategori baik, 10 siswa (25,64%) dalam kategori cukup baik, 11 siswa (28,21%) dalam kategori tidak baik, 3 siswa (7,69%) dalam kategori sangat tidak baik. Kata Kunci: tanggapan siswa, proses pembelajaran, senam PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Muhammad, Rustam ER -