TY - THES A1 - Retno, Septiyaningtyas TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS V SD SE-GUGUS PUREN CONDONGCATURDEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 PB - PGSD AV - public Y1 - 2014/// ID - UNY14423 UR - http://eprints.uny.ac.id/14423/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini dilakukan di SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tingkat kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial, serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta yang telah diambil secara proportional random sampling dengan jumlah siswa 155 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian sosial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial dengan nilai F hitung sebesar 112.548 (p<0,05). Untuk koefisien determinan R2 diperoleh hasil 0,420 yang berarti bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial sebesar 42% dan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil penelitian menyatakan kategorisasi tingkat kecerdasan emosi 0% siswa berada pada kategori rendah, 29,03% siswa kategori sedang, dan 70,97% siswa kategori tinggi. Kategorisasi tingkat penyesuaian sosial dinyatakan 0% siswa berada pada kategori rendah, 18,06% siswa kategori sedang, dan 81,94% siswa kategori tinggi. Kata kunci: kecerdasan emosi, penyesuaian sosial, siswa sekolah dasar ER -