%L UNY14417 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan tipe TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sawah Gunungkidul. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B SD Negeri Sawah. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan oleh peneliti. Kelas V B merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, sedangkan kelas V A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dengan instrumen yang berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 6,24 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 7,42. Perbedaan hasil belajar kognitif kedua kelompok adalah 1,18. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hasil belajar kognitif kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar matematika. %A Kurniawan Dedi %D 2014 %I PGSD %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TPS (THINK PAIR SHARE) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAWAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL