@phdthesis{UNY14412, school = {PGSD}, title = {MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA}, author = {Wulandari Nana}, year = {2014}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14412/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah data collection, data reduction, data display, dan conclution/verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta tergolong sekolah yang baru merintis pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karena pemanfaatan TIK masih terbatas penggunaan alat dan sebagai suplemen (tambahan) pembelajaran. Perencanaan pembelajaran melalui pembuatan RPP sesuai KTSP dengan prinsip menerapkan TIK yang terlihat dari komponen media/sumber belajar, misalnya internet dan komputer. Pembelajaran dilaksanakan dalam proses belajar di kelas dengan memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran. Evaluasi pembelajarannya melalui penilaian hasil belajar berupa tugas sekolah, tugas rumah, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas, dan penilaian proses dengan memanfaatkan TIK, misalnya dalam mencari referensi tugas, teknis penyampaian tugas, dan sumber informasi yang membantu siswa mengerjakan tugas tersebut. Kata kunci: manajemen, pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi} }