%0 Thesis %9 S1 %A Pramesthi, Widodo %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:14359 %I PGSD %T PENGGUNAAN METODE MIND MAPS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I SALAKAN TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/14359/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui penggunaan metode mind maps. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kurt Lewin. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik observasi digunakan untuk mengamati kemandirian belajar siswa, penggunaan mind maps. Lembar observasi divalidasi melalui validasi isi dan expert judgement. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind maps dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan. Pada tahap pra tindakan, skor rata-rata kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan tergolong kurang dengan skor 23,30. Pada siklus I dilakukan tindakan berupa penggunaan metode mind maps yang dilakukan secara kelompok. Skor rata-rata kemandirian belajar siswa pada siklus I tergolong cukup dan meningkat menjadi 45,20. Pada siklus II dilakukan tindakan berupa penggunaan metode mind maps yang dilakukan secara individu. Skor rata-rata kemandirian belajar siswa pada siklus II tergolong baik dan meningkat menjadi 75,00, sehingga dapat dikatakan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kata kunci: metode mind maps dan kemandirian belajar.