TY - THES Y1 - 2014/10// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan bimbingan belajar bagi anak berlatar keluarga single parent kelas V di SD Muhammadiyah Semoya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek Nina (bukan nama sebenarnya). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar untuk anak berlatar single parent sudah terlaksana. Masalah yang dihadapi anak berlatar single parent meliputi masalah akademik dan non akademik. Masalah akademik berkaitan dengan mata pelajaran, sedangkan masalah non akademik berkaitan dengan perilaku yakni suka mengambil uang orang lain. Untuk mengatasi masalah akademik layanan bimbingan belajar yang dilakukan meliputi; (1) pemberian jam tambahan, (2) pemberian les mata pelajaran, (3) menumbuhkan sikap dan kebiasan belajar yang baik, (4) pemberian motivasi, dan (5) pembelajaran berkelompok untuk menumbuhkan kerjasama. Untuk masalah non akademik, layanan bimbingan yang dilakukan guru yakni meminta subjek untuk menjadi pengurus koperasi sekolah. Hal ini bertujuan untuk melatih kejujuran subjek. Penilaian terhadap subjek meliputi aspek akademik, pengembangan diri, kepribadian dan presensi. Peran kepala sekolah dalam memberikan layanan bimbingan sudah optimal. Layanan yang dilakukan yakni memberikan fasilitas, dan menjalin kerjasama dengan orang tua. Peran orang tua dalam pemberian bimbingan belajar terhadap subjek sudah terlaksana, namun belum optimal. Hal ini dikarenakan kesibukan orang tua dan kurangnya intensitas komunikasi dengan subjek. Kata kunci: bimbingan belajar, anak single parent PB - PGSD A1 - Umi, Saroi TI - LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK ANAK BERLATAR KELUARGA SINGLE PARENT DI SD MUHAMMADIYAH SEMOYA BERBAH SLEMAN AV - public ID - UNY14354 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/14354/ ER -