<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN"^^ . "Keterampilan proses penting dalam suatu pembelajaran karena memberikan kesempatan siswa dalam proses penemuan suatu konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur. \r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa dalam pembelajaran IPA. Data perencanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui dokumentasi berupa RPP, data\r\npelaksanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui observasi dan wawancara guru serta siswa, data kemampuan keterampilan proses siswa dikumpulkan melalui observasi siswa, serta data faktor-faktor mempengaruhi\r\ndikumpulkan melalui hasil wawancara dan observasi guru serta siswa. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan perencanaan dalam melatihkan keterampilan proses melalui: memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan\r\ndan menyimpulkan, menyiapkan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi, dan mengadakan review bersama siswa dari kegiatan yang dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran dalam melatihkan\r\nketerampilan proses kepada siswa oleh guru yaitu : 1) memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi 2) menggunakan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, dan 3) memberikan\r\nkesempatan siswa untuk berdiskusi. Keterampilan proses yang ditunjukan siswa berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi. Faktor pendukung pembelajaran dalam implementasi keterampilan\r\nproses yaitu: (a) guru mempunyai pemahaman yang baik tentang keterampilan proses, (b) siswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan (c) kurikulum yang mengacu pada pengembangan keterampilan proses. Untuk faktor\r\npenghambat yaitu: (a) kurangnya kemampuan guru dalam mengorganisir kegiatan terutama kegiatan percobaan, (b) sifat siswa yang berbeda-beda seperti siswa yang kurang aktif atau terlalu aktif, dan (c) ketersediaan sarana dan prasarana untuk praktek yang belum mencukupi. \r\n\r\n\r\nKata kunci: keterampilan proses IPA"^^ . "2014-10" . . . "PGSD"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD"^^ . . . . . . . . . "Rahayu"^^ . "Nina"^^ . "Rahayu Nina"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Text)"^^ . . . "Full Skripsi.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14349 \n\nIMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Teori dan Praktek Pendidikan"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .