@phdthesis{UNY14348, year = {2014}, school = {PGSD}, title = {INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNA RUNGU DI SD NEGERI 4 BEJEN KARANGANYAR}, author = {Tanjung Milla Febriana}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi sosial anak tunarungu di kelas IVB SD Negeri 4 Bejen, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi dua anak tunarungu, satu guru kelas, satu guru pendamping, dan lima anak normal di kelas IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunarungu mampu menjalin interaksi sosial dengan sesama tunarungu, anak normal, guru kelas, maupun dengan guru pendamping khusus di sekolah. Interaksi sosial ini ditunjukkan dengan menjalin percakapan, makan bersama, bermain bersama, belajar bersama, menjalin kerja sama, dan sebagainya. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru kelas untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak tunarungu yaitu: menempatkan anak tunarungu untuk duduk dengan anak normal, melibatkan anak tunarungu dalam KBM, senantiasa memberikan pujian dan motivasi, serta memberikan arahan pada anak-anak lain untuk memahami kondisi anak tunarungu dan agar dapat berteman dengan baik. Kata kunci: interaksi sosial, tunarungu}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14348/} }