%0 Thesis %9 S1 %A Selly, Gusmentari %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:14347 %I PGSD %T SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV C DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR %U http://eprints.uny.ac.id/14347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman sikap ilmiah dan sikap ilmiah yang ditunjukkan oleh siswa kelas IVC dalam pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur. Teknik pengumpulan data yaitu observasi untuk mengumpulkan informasi tentang pelaksanaan penanaman, sikap ilmiah yang ditunjukkan siswa kelas IVC, dan faktor pendukung serta penghambat munculnya sikap ilmiah siswa; wawancara untuk mengumpulkan informasi tentang pelaksanaan penanaman sikap ilmiah, pengukuran sikap ilmiah, dan faktor pendukung serta penghambat munculnya sikap ilmiah siswa; focus group discussion untuk mengidentifikasi sikap ilmiah yang dimiliki siswa kelas IVC; dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi tentang perencanaan penanaman sikap ilmiah pada siswa kelas IVC. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penanaman sikap ilmiah oleh guru yaitu menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan sikap ilmiahnya. Pelaksanaan penanaman sikap ilmiah dengan cara memperlihatkan contoh sikap ilmiah, memberikan penguatan positif atau penghargaan pada siswa yang menunjukkan sikap ilmiah, dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan sikap ilmiahnya. Sikap ilmiah yang ditunjukkan siswa dari yang berkualitas tinggi ke berkualitas rendah berturut-turut yaitu sikap ingin tahu, sikap objektif terhadap data/fakta, sikap berpikiran terbuka, sikap berpikir kritis, dan sikap kerjasama. Guru IPA belum membuat instrumen untuk mengukur sikap ilmiah siswa sehingga pengukuran sikap ilmiah siswa masih belum dilakukan. Faktor pendukung munculnya sikap ilmiah siswa yaitu project kelompok, reward, dan kegiatan yang sering dilakukan siswa. Faktor penghambat munculnya sikap ilmiah siswa yaitu: (a) sifat siswa yang berbeda-beda seperti siswa yang kurang aktif atau terlalu aktif, (b) guru kurang mampu mengorganisasi kegiatan, dan (c) ketersediaan sarana dan prasarana untuk praktek yang belum mencukupi. Kata kunci: sikap ilmiah, pembelajaran IPA