%0 Thesis %9 S1 %A Dwi, Yunikasari %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:14342 %I PGSD %T PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUMBERAGUNG JETIS, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/14342/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika melalui penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas V SDN 2 Sumberagung Jetis, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sumberagung Jetis, Bantul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Validitas aying ent dicari melalui Expert Judgement dan korelasi Product Moment kemudian koefisien reliabilitas aying ent menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini adalah kesesuaian guru menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan persentase motivasi belajar siswa mencapai ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teachingdapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Sumberagung Jetis, Bantul. Pembelajarannya yaitu menggunakan strategi TANDUR yang berupa fasilitas dari guru agar siswa dapat menumbuhkan kekuatan AMBAK, mendapat pengalaman belajar, menamai materi, mendemonstrasikan hasil, mengulangi materi, dan merayakan keberhasilan. Pada pratindakan, motivasi belajar matematika rata-rata siswa memperoleh persentase sebesar 60,30%. Setelah diberi tindakan, meningkat menjadi 77,91% pada akhir siklus I, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 82,82%. Kata Kunci: motivasi belajar matematika, Quantum Teaching