%T KINERJA GURU PROFESIONAL SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta %A Laga Feriyanto Timor %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru profesional Sekolah Dasar di Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul dengan jumlah 16 Sekolah Dasar yang terdiri dari 10 Sekolah Dasar Negeri dan 6 Sekolah Dasar Swasta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas Sekolah Dasar di Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul yang berjumlah 190 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling diperoleh 129 sampel guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai teknik utama serta didukung dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus prosentase. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru profesional Sekolah Dasar di Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul dalam aspek perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 85,94%, dalam aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 89,38%, dan dalam aspek evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 85,12%. Kata kunci : kinerja guru profesional, sekolah dasar %L UNY14336