<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan dan seberapa besar peningkatan keterampilan belajar pada pembelajaran tematik melalui permainan kotak misteri siswa kelas III SD Negeri Keningar 1 Magelang.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Keningar 1 Magelang yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui data hasil penelitian.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kotak misteri dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri Keningar 1 Magelang. Hasil penelitian menunjukkan perubahan sikap dan perilaku siswa kearah yang lebih baik seperti siswa menjadi aktif dan antusias dalam meningkatkan keterampilan belajarnya.Suasana dalam kegiatan pembelajaran pun terlihat kondusif, aktif, dan lebih menyenangkan. Hal itu tak lepas dari kegiatan guru dalam pembelajaran tematik yang menunjukkan bahwa kegiatan guru berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah pembelajaran tematik dan guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.Hasil tes keterampilan membaca dan mengingat siswa, pada Pra Tindakan, persentase hasil tes keterampilan membaca dan mengingatdengan kategori ≥ baik hanya sebesar 26,32% dan mengalami peningkatan sebesar 47,37%, sehingga pada Siklus I menjadi 73,69%. Pada Siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,78%, sehingga menjadi 89,47%.Sedangkan persentase hasil dokumentasi keterampilan mencatat pada Pra Tindakan hanya sebesar 31,58% dan mengalami peningkatan sebesar 36,84%, sehingga pada Siklus I meningkat menjadi 68,42%. Pada Siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,79%, sehinggameningkat menjadi 84,21%.\r\n\r\nKata kunci:keterampilan belajar pada pembelajaran tematik, permainan kotak misteri"^^ . "2014" . . . "PGSD"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD"^^ . . . . . . . . . "P.A"^^ . "Patricia"^^ . "P.A Patricia"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Text)"^^ . . . "SKRIPSI- PATRICIA P A- PGSD- 10108241107.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14332 \n\nPENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJARPADAPEMBELAJARANTEMATIK MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI SISWA KELAS III SD NEGERI KENINGAR 1 MAGELANG\n\n" . "text/html" . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .