@phdthesis{UNY14328, month = {September}, author = {Arifah Ifa}, title = {PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI KELAS 5 SD GUNUNGDANI, PENGASIH, KULONPROGO}, school = {PGSD}, year = {2014}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita di kelas 5 SD Gunungdani, Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini meliputi (1) penyampaian materi pelajaran, (2) penerapan metode pembelajaran, (3) penggunaan media pembelajaran, (4) pelaksanaan prinsip-prinsip pembelajaran, (5) hambatan yang dialami guru, (6) respon siswa selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita yang berada di kelas 5. Pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita terdiri dari (1) materi didasarkan pada hasil assesmen, sehingga berbeda dengan siswa reguler, namun belum fungsional; (2) metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan siswa lain; (3) media pembelajaran yang digunakan adalah media yang konkret, sederhana, mudah ditemukan dan digunakan; (4) prinsip umum maupun khusus pembelajaran bagi tunagrahita telah terlaksana, hanya beberapa prinsip yang berkaitan dengan interaksi orangtua dan inisiatif siswa tunagrahita yang belum terlaksana; (5) hambatan yang dialami guru selama pembelajaran antara lain, kesulitan berkomunikasi dengan siswa tunagrahita, guru harus memberikan penjelasan dua kali, belum semua guru mendapatkan pembekalan untuk mengajar siswa tunagrahita, waktu pendampingan yang kurang; (6) respon siswa tunagrahita selama pembelajaran sangat positif. Kata kunci: pembelajaran, siswa tunagrahita}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14328/} }