%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa dan kontribusi pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel terikatnya kedisiplinan siswa dan variabel bebasnya keteladanan guru serta pola asuh orang tua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 234 siswa dengan sampel sejumlah 139 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala psikologi berupa skala keteladanan guru, skala pola asuh orang tua, dan skala kedisiplinan siswa. Analisis data penelitian menggunakan tabulasi silang (cross tabulation) dan regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi yang signifikan dari keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa kelas V. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai t hitung = 6,195 dan signifikansi < 0,05 dengan sumbangan sebesar 21,9%. Untuk kontribusi pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 ditunjukkan dari hasil tabulasi silang bahwa pola asuh authoritative cenderung menghasilkan kedisiplinan siswa yang tinggi dengan persentase sebesar 22,3%. Kata Kunci: keteladanan guru, pola asuh orang tua, dan kedisiplinan siswa %A Noviatri Nurna %L UNY14309 %T KONTRIBUSI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 %D 2014 %I PGSD