%0 Thesis %9 S1 %A Isti, Harwanti %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2014 %F UNY:14301 %I PGSD %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS IV DI SD NEGERI JLABAN SENTOLO, KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/14301/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific kelas IV di SD Negeri Jlaban, Sentolo, Kulon Progo serta kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dan upaya guru dalam mengatasi kendala – kendala tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jlaban yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific di kelas IV SD Negeri Jlaban sudah cukup baik. Pembelajarannya yang dilaksanakan sudah sesuai dengan ciri – ciri dari pembelajaran tematik integratif seperti pembelajaran sudah berpusat pada anak dan pemisahan antar mata pelajaran tidak begitu jelas. Guru juga telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan scientific yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific ini antara lain, penyusunan RPP yang kurang sempurna pada bagian penilaian, kurangnya pemahaman guru terhadap teknik penilaian yang digunakan sehingga menyita waktu, kurangnya media pengamatan, dan kendala waktu dalam aktivitas membentuk jejaring. Upaya guru untuk mengatasi kendala – kendala tersebut antara lain dengan mendiskusikan kendala – kendala tersebut dalam kegiatan KKG, memberikan tugas rumah kepada siswa berupa tugas mengamati, melakukan penilaian berdasarkan catatan harian, menyediakan media pengamatan berupa gambar, memancing siswa untuk bertanya dan menalar dengan memberikan permasalahan dan solusi, dan membagi waktu untuk mengkomunikasikan hasil tugas siswa. Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific