TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPA dengan metode eksperimen pada siswa kelas V C SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V C SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta, pada semester II tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar IPA melalui metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui skala motivasi dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah diberi tindakan melalui metode eksperimen. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu dari tes pra tindakan diketahui sebanyak 13 siswa atau 52% meningkat menjadi 16 siswa atau 64% pada siklus 1. Pada siklus II, dengan perbaikan tindakan berupa kegiatan pembelajaran dengan cara siswa dibagi dalam kelompok kecil, siswa melakukan eksperimen terkait kejadian yang sering ditemui, siswa berdiskusi, siswa memaparkan hasil eksperimen, dan membuat kesimpulan dengan bimbingan dan pengawasan guru dari awal sampai akhir kegiatan eksperimen, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar minimal pada kategori tinggi yaitu sebanyak 22 siswa atau 88%. Penggunaan metode eksperimen pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai >75% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen berhasil. Kata Kunci: motivasi BelajarIPA, metode eksperimen Y1 - 2014/// A1 - Muhammad Arfan, Husnawan PB - PGSD M1 - skripsi ID - UNY14300 AV - public TI - PENINGKATAN MOTIVASI BELAJARILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V C SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 UR - http://eprints.uny.ac.id/14300/ ER -