@phdthesis{UNY14299, year = {2014}, school = {PGSD}, author = {Wulansari Rianti}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 WIRO KABUPATEN KLATEN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/14299/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 04 Wiro melalui implementasi Teori Belajar Bruner dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Langkah-langkah Teori Belajar Bruner yang diterapkan meliputi tiga tahap belajar, yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Wiro yang berjumlah 21 siswa. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Langkah pelaksanaan penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Wiro melalui implementasi teori belajar Bruner dengan memperhatikan tahap enaktif saat peragaan demonstrasi yang melibatkan siswa dalam prosesnya dan tahap ikonik yang menggunakan media gambar dengan ukuran lebih besar agar semua siswa dapat melihat dengan jelas. Sebelum diadakan penelitian, hanya 9 siswa (42,86\%) yang memperoleh nilai di atas 60. Pada siklus I, sebanyak 17 siswa (80,95\%) telah memperoleh nilai di atas 60. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa naik menjadi 95,24\% atau 20 siswa memperoleh nilai di atas 60. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar siswa juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebelum tindakan sebesar 58,33, meningkat menjadi 71,81 pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,52 pada akhir siklus II. Kata kunci: hasil belajar, operasi hitung bilangan pecahan, Teori Belajar Bruner} }