%I PGSD %L UNY14285 %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui media Big Books siswa kelas IB SDN Mangiran Kecamatan Srandakan, dan (2) meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Books siswa kelas IB SDN Mangiran Kecamatan Srandakan. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IB SDN Mangiran berjumlah 19 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari plan, act and observe, dan reflect. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Books dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas IB SDN Mangiran Kecamatan Srandakan dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa hanya diam saat pembelajaran. Tidak ada siswa yang bertanya atau berpendapat. Pada siklus I, siswa masih ragu berpendapat, belum berani bertanya, dan malu membaca. Pada siklus II, siswa sudah berani berpendapat, bertanya, dan maju membaca. Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan membaca pemulaan pada pratindakan 64,14 meningkat menjadi 67,59 pada siklus I dan 73,31 pada siklus II. Persentase KKM mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 68,4%, pada siklus I 78,9% dan siklus II yaitu 89,5%. Kata kunci:keterampilan membaca permulaan, media big books %D 2014 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOKS SISWA KELAS IB SDN MANGIRAN KECAMATAN SRANDAKAN %A - Yuniati