relation: http://eprints.uny.ac.id/14283/ title: UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE PERMAINAN BINGO SISWA KELAS V-A SD N BANTUL WARUNG creator: Dhiah, Kushartanti subject: Teknologi Pendidikan subject: Pendidikan IPS subject: Pra Sekolah dan Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui model active learning tipe permainan bingo siswa kelas V-A SD N Bantul Warung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan McTagart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SD N Bantul Warung tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala aktivitas belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model active learning tipe permainan bingo dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas V-A SD N Bantul Warung. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor skala aktivitas belajar siswa rata-rata pre test sebesar 66,2 (kategori rendah); post test I sebesar 92 (kategori sedang); dan post test II sebesar 109,64 (kategori tinggi). Hasil tersebut telah diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subjek yang menunjukkan bahwa siswa merasa lebih berani untuk bertanya, mengemukakan pendapat, maupun menjawab pertanyaan, dan merasa senang melakukan permainan bingo. kata kunci: aktivitas belajar, IPS, model active learning date: 2014 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/14283/1/SKRIPSI%20DHIAH%20KUSHARTANTI.pdf identifier: Dhiah, Kushartanti (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE PERMAINAN BINGO SISWA KELAS V-A SD N BANTUL WARUNG. S1 thesis, PGSD.